Welcome To SUZUKI CARRY CLUB INDONESIA JAWA BARAT, Yang punya SUZUKI CARRY mari bergabung, sharing berbagi ilmu tentang perawatan, variasi kendaraan kita agar lebih nyaman, aman, dan menjadi kebanggan untuk dikendarai.

Kamis, 07 Mei 2015

Mengetahui Kerusakan Mobil Melalui Memeriksa Busi

Kali ini kita akan membahas cara memeriksa kerusakan mobil lewat keadaan busi mobil, dalam hal ini kita akan mengetahui kerusakan mobil kita dengan mengetahui tanda-tanda kerusakan saat kita melihat businya. biasanya saat kita membuka busi mobil kita, kita akan mendapatkan bermacam-macam kondisi busi, seperti warnanya coklat, meleleh, gosong, hitam penuh kerak dan lain sebagainya. dengan memeriksa busi kita dapat dengan cepat mengetahui bagian mobil mana yang yang rusak, berikut ini adalah kondisi busi dengan kerusakannya:
1. busi berwarna coklat atau usang: pertanda busi mendekati masa habis bakai, segara ganti busi (kerusakan pada busi itu sendiri)
2. busiberwarna kekuning-kuningan atau kemerahan: artinya terjadi panas yang berlebihan pada mesin, biasanya masalah pada pendingin mesin mobil (radiator atau piranti pendingin lain).
3. gosong dan terjadi kerak: biasanya kesalahan pada setelan bahan bakar, cek aliran bensin dan peranti kelistrikan.
4. meleleh: elektroda gosong atau meleleh ini disebabkan oleh kompresi yang salah atau kebocoran di mesin, sebagian oli ikut terbakar pada mesin.
5. terdapat kerak yang banyak pada kepala busi: setelan bahan bakar yang jelek, terjadi kebocoran pada sill klep sehingga membuat sebagian oli masuk ke busi.
6. Basah: terdapat sisa pelumas di elektroda dan kepala busi, periksa timing atau ritme pengapian atau perbaiki bahan bakar yang biasa anda gunakan, misalnya dengan membeli premium di SPBU atau mengganti dengan pertamax
7. mobil mendadak mati atau tersendat hampir mati, biasanya panas pada koil. matikan mobil dan kompres koil dengan kain yang diberi sedikit air.
* Beberapa Tips Perawatan Otomotif yang direkomendasikan antara lain:
1. Melihat Suspensi Mobil, mengulas tentang sistem suspensi pada mobil-mobil indonesia
2. Membaca Kode Ban Mobil, Melihat Kecepatan Maksimal Ban dan Daya Angkut Beban Maksimal
3. Memilih Oli Mobil yang Tepat, mengetahui jenis-jenis Oli dan Penerapannya pada Mobil anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar